Akibat Kekurangan Vitamin D Pada Ibu Hamil - Resiko akibat kekurangan vitamin D yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah pengeroposan tulang dan sakit jantung. Vitamin untuk ibu hamil selanjutnya adalah vitamin D.


Wanita Sulit Hamil Karena Kekurangan Vitamin D Guesehat Com

Penelitian menemukan bahwa wanita yang mengalami kekurangan vitamin D selama kehamilan mengalami peningkatan risiko memiliki anak dengan kesulitan perkembangan bahasa.

Akibat kekurangan vitamin d pada ibu hamil. Seperti diabetes gestasional preeklamsia kelahiran prematur dan berat badan bayi lahir rendah tetapi sejumlah penelitian masih diperlukan konfirmasi. Kondisi kekurangan vitamin D ini tidak hanya dialami oleh bayi dan anak-anak tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. Ibu hamil yang mengonsumsi terlalu banyak vitamin D akan melahirkan bayi dengan keterbelakangan mental dan kelainan darah bahkan sebelum lahir.

Masalah perkembangan ini tidak hanya terjadi selama beberapa bulan setelah kelahiran hal ini dikarenakan bayi akan bergantung pada calcitriol untuk menyerap kalsium dari usus. Bagi ibu hamil hanya dibutuhkan sekitar 200 IU per hari. Penyakit ini bisa menyebabkan pertumbuhan tulang yang tidak sempurna dan juga tulang yang mudah patah.

Meski terdengar sepele akibat kekurangan vitamin D bisa memengaruhi banyak organ di dalam tubuh termasuk tulang dan gigi. Menurut beberapa studi preeklamsia lebih berisiko terjadi pada ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin D. Oleh sebab itu ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian agar terhindar dari.

Ibu hamil memerlukan dosis vitamin D sebanyak 15 mikrogram per hari. Namun sebaiknya anda tidak berjemur di bawah sinar matahari pada siang bolong pada jam 12 siang ke atas. Ini Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D ibu hamil disarankan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi sebelum pukul 9 pagi selama 1015 menit sebanyak 23 kali seminggu. Waspada Paparan Sinar UV dari Matahari Bisa Picu Kanker Kulit Sementara pada anak-anak kekurangan zat gizi ini diketahui dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan tulang. Selain itu dapat menyebabkan osteomalacia atau tulang lemah.

Kekurangan salah satu zat gizi saja bisa berdampak negatif terhadap kehamilannya termasuk kekurangan tiamin atau vitamin B1. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah pertumbuhan tulang pada janin seperti penyakit rakhitis pada bayi yang baru lahir. Melansir laman New York Times seorang juru bicara A Johns Hopkins Hospital menyebutkan bahwa terdapat korelasi erat kelebihan vitamin D dengan tanda abnormal pada bayi.

Beragam faktor dapat menyebabkan terjadinya kekurangan. Kekurangan vitamin D selama kehamilan dapat menyebabkan kadar kalsium darah yang sangat rendah pada bayi baru lahir. Meningkatkan risiko obesitas bayi di masa tumbuh.

Vitamin D mempengaruhi perkembangan otak dan dapat berdampak. Selain itu kekurangan vitamin D pada ibu hamil dapat juga menyebabkan bayi yang dilahirkan cenderung menderita kejang hipoalsemia. Karena fungsinya untuk menjaga kesehatan struktur tulang yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin oleh karena itu kurangnya vitamin D pada ibu hamil harus sangat diperhatikan.

Oleh karena itu melansir dari Medical Xpress sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kadar vitamin D ibu selama kehamilan terkait dengan IQ anak-anak mereka. Kekurangan vitamin D pada masa kehamilan dapat menyebabkan lemahnya perkembangan gigi dan tulang bayi. Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang bisa diproduksi di dalam tubuh dan akan sangat efektif dalam mendapatkan vitamin D jika membiarkan tubuh terkena matahari saat pagi hari yang tidak terlalu panas karena bisa membantu kalsium dalam menyerap vitamin D dalam tubuh.

Salah satu dampak kekurangan vitamin D pada ibu hamil yang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian adalah meningkatnya risiko preeklampsia. Peneliti menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan dapat menyebabkan skor IQ masa kanak-kanak yang lebih tinggi pula. Beberapa penelitian memang mengaitkan kekurangan vitamin D untuk ibu hamil dengan risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi.

Risiko Preeklampsia Meningkat. Preeklamsia adalah masalah kesehatan pada ibu hamil yang ditandai dengan tekanan darah tinggi pembengkakan di tubuh akibat penumpukan cairan dan peningkatan kadar protein dalam urine. Begitu juga pada orang dewasa.

Kekurangan vitamin D saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit rakitis pada janin. Demi menjaga kesehatan diri sendiri dan janin ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuhnya. Angka kecukupan gizi AKG vitamin B1 untuk wanita yang tengah mengandung.

Ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin D selama masa kehamilan dapat memicu datangnya risiko permasalahan lain bagi kandungan seperti. Dampak kekurangan vitamin D untuk ibu hamil dan bayi. Meski keberadaannya sangat dibutuhkan asupan vitamin D tidak boleh sembarangan.

Menurut para ahli wanita hamil yang mengalami kekurangan asupan vitamin D dapat berakibat fatal terhadap anak-anak mereka yang beresiko terhadap kesulitan dalam berbahasa. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak asupan vitamin B1 per harinya. Gangguan ini ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi pada ibu hamil dan ditemukannya protein pada urine.

Vitamin D juga mampu mencegah bayi lahir dengan berat badan kurang komplikasi kehamilan serta diabetes gestasional. Vitamin D berperan dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi.


Apa Dampak Kekurangan Vitamin D Saat Hamil


Mengatasi Kekurangan Vitamin D Pada Ibu Hamil Farmaku Com


Dampak Buruk Kurang Vitamin D Saat Hamil Popmama Com


Manfaat Vitamin D Untuk Ibu Hamil Dan Janin Ibupedia


Gizi Wanita Hamil Semester Vi Ppt Download


Waspada Inilah Akibat Kekurangan Vitamin D Saat Hamil


Bobita Wrap Fungsi Dosis Dan Akibat Kekurangan Vitamin D Vitamin D Diperlukan Untuk Pertumbuhan Tulang Yang Sehat Dan Kuat Fungsi Utama Vitamin D Adalah Memelihara Konsentrasi Kalsium Dan Fosfor Di Dalam


Waspada Inilah Akibat Kekurangan Vitamin D Saat Hamil


6 Manfaat Vitamin D Untuk Ibu Hamil Dan Janin


Tanda Ibu Hamil Kekurangan Vitamin D Kumparan Com


Waspada Inilah Akibat Kekurangan Vitamin D Saat Hamil


Manfaat Vitamin D Selama Kehamilan Simak Di Sini Orami


Manfaat Vitamin D Untuk Ibu Hamil Alodokter


5 Manfaat Vitamin D Untuk Ibu Hamil Dan Janin Popmama Com


Related Posts